[ERROR] NTLDR is Missing

Ada beberapa macam tampilan yang muncul untuk error "NTLDR is missing", yaitu :
  • "NTLDR is missing
    Press any key to restart"
  • "NTLDR is missing
    Press Ctrl Alt Del to restart"
  • "Boot: Couldn't find NTLDR
    Please insert another disk"


Tampilan error "NTLDR is missing" yang muncul sesaat setelah menyalakan komputer tepat setelah proses  Power On Self Test (POST) selesai. Pada saat itu Windows XP akan memulai proses untuk loading namun tiba-tiba pesan error NTLDR pun muncul.

Penyebab dari error NTLDR is missing

Ada beberapa penyebab yang menjadikan munculnya error NTLDR, termasuk yang paling sering muncul adalah pesan error "NTLDR is missing".

Penyebab yang paling sering dari error ini adalah ketika PC anda mencoba untuk boot dari hard drive atau flash drive yang tidak terkonfigurasi dengan sempurna, dengan kata lain PC anda mencoba boot dari device yang bukan bootable (drive yang tidak mengandung Operating system atau rusak sistem bootnya). Ini juga diaplikasi terhadap media optik (CD, DVD Drive) atau Floppy Drive yang bukan bootable.

Penyebab lainnya termasuk file yang corrupt atau salah konfigurasi, hard disk dan Operating system yang bermasalah saat proses upgrade. Sector Hard drive yang corrupt, BIOS yang kuno. dan rusaknya atau kendornya kabel data untuk hard drive.

Cara memperbaiki Error NTLDR

  1. Restart PC nya, error NTLDR mungkin cuma kebetulan.
  2. Periksa Floppy dan Optikal Drive anda (CD/DVD/BD) apakah ada media di dalamnya dan lepas semua external drive (Flash disk atau cardreader) yang menancap pada PC anda. Seringkali, error "NTLDR is Missing" akan muncul jika PC anda mencoba untuk boot ke media yang bukan bootable seperti floppy disk, CD/DVD/BD, atau external drive atau flash disk.
    Catatan: Jika memang ini adalah penyebabnya dan memang sering terjadi, sebaiknya anda ubah setting boot pada BIOS sehingga harddrive yang ada Windowsnya ditampilkan sebagai boot pertama.
  3. Periksa hard drive dan setting drive lainnya di BIOS dan pastikan mereka tersetting dengan benar. konfigurasi BIOS adalah konfigurasi yang dibutuhkan komputer pertama kali bagaimana cara menggunakan drive atau peripheral lainnya jadi setting yang salah bisa menyebabkan masalah, termasuk error NTLDR
    Catatan: Biasanya sudah disediakan fasilitas Auto setting bagi hard drive dan optikal drive di BIOS yang mana bisa mengamankan anda dari settingan yang susah jika anda tidak bisa dan tidak yakin bisa.
  4. Mengembalikan file NTLDR dan ntdetect.com dari CD Windows. Mengembalikan atau Restore 2 file system yang penting ini dari CD Master Windows anda mungkin bisa menolong anda
  5. Perbaiki atau Replace file boot.ini. Ini akan mencegah error NTLDR jika masalahnya adalah file boot.ini tidak terkonfigurasi dengan benar untuk Windows anda.
  6. Menulis boot sector baru pada partisi sistem Windows anda. Jika boot sector dari partisi menjadi corrupt atau tidak terkonfigurasi dengan benar, Error "NTLDR is Missing" mungkin akan muncul.
  7. Memperbaiki Master Boot Record dari Windows anda. Pesan error NTLDR error messages mungkin juga bisa muncul jika master boot record nya corrupt.
  8. Kencangkan semua kabel power maupun data dari internal hard drive anda. NTLDR bisa juga disebabkan oleh kabel yang kendor atau mengalami malfungsi.
     
  9. Cobalah untuk mengganti kabel data IDE dari harddrive anda jika anda mencurigai kemungkinannya memang.
  10. Update BIOS motherboard's anda. Kadang-kadang, versi BIOS yang terlalu kuno bisa juga menyebabkan error "NTLDR is Missing".
  11. Perbaiki Windows anda dengan menginstall kembali dengan mode "Repair". Dengan tipe instalasi ini seharusnya bisa digunakan untuk mengganti file-file yang corrupt pada system Windows. 
  12. Perbaiki Windows anda menginstall kembali dengan mode "Clean Install". Tipe Instalasi seperti ini akan menghapus secara keseluruhan file yang ada pada harddisk anda dan akan menginstall Windows anda dari nol. Cara hampir pasti bisa menyelesaikan segala macam error NTLDR, dan cara ini akan memakan waktu yang sangat banyak karena anda harus mem backup data anda agar tidak hilang pada saat proses instalasi Windowsnya.

    Jika anda tidak bisa mengakses file anda supaya bisa di backup. Maka sudah pasti data anda akan hilang semua jika anda tetap melanjutkan untuk clean install.
  13. Gantilah hard drive anda dengan yang baru dan install kembali Windows anda pada hard drive yang baru. Jika semua cara di atas sudah tidak berhasil. Jika berhasil maka anda menghadapi yang dinamakan masalah hardware pada hard drive anda.

NTLDR Errors bisa terjadi pada :

Masalah ini bisa terjadi pada Sistem Operasi Windows XP Profesional atau Home Edition, Windows 7, Windows 8 dan pada Windows Vista dinamakan BOOTMGR, bukan NTLDR.

sumber : cybersh
[ERROR] NTLDR is Missing [ERROR] NTLDR is Missing Reviewed by MrNewbie on 06:43 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.